Jangan Sembarangan Mukul Kentongan

Posted: May 19, 2013 in Pengalaman

Kentongan adalah alat komunikasi jaman dahulu yang sekarang kadang masih digunakan,terutama di kampung-kampung masih sering menggunakan kentongan untuk memberi tanda tentang suatu kejadian atau untuk mengumpulkan warga desa.Terbuat dari kayu atau bambu.Biasanya kentongan ditempatkan di Pos Kamling,Musholla,Langgar,Balai desa,Masjid lan sak panunggalane

Saya ada sebuah pengalaman tentang kentongan ini.Waktu saya masih duduk dibangku SD.Kami anak-anak kampung sangat suka bermain di Pos kamling,entah main petak umpet di sekitar situ,main perang-perangan Pos kamling dijadikan markasnya.Pokoknya Pos kamling sudah jadi tempat istimewa.Kalau malam buat para bapak-bapak siangnya buat anak-anak.

Kembali pengalaman saya tentang kentongan tadi.Waktu itu kami iseng-iseng memukul kentongan terus menerus.Kemudian melarikan diri.Tidak lama kemudian banyak warga keluar rumah.Untungnya waktu itu tidak ketahuan siapa yang mukul kentongan itu sampai sekarang pun tidak ada yang tahu.

Memukul kentongan Siskamling tidak asal bunyi tapi ternyata ada ketukan-ketukan tertentu yang mewakili setiap perstiwa berikut gambar untuk ketukan yang harus sesuai dengan peristiwa yang sedang terjadi.

kenthongan

Advertisements
Comments
  1. […] riezviyanto.wordpress.com | Jangan Sembarangan Mukul Kentongan kaskus.co.id | SISKAMLING ! Budaya Sosial yang mulai terlupakan esfandynamic.wordpress.com | BUDAYA […]

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s